Selasa, 13 Maret 2012

SISTEM IMUN

Kita dikelilingi oleh virus, bakteri, jamur, dan organisme lain yang dapat masuk ke dalam tubuh kita dan menyebabkan penyakit. Tubuh kita dapat mencegah atau menolak suatu penyakit masuk ke dalam tubuh. Bagaimana hal ini dapat terjadi?
Tubuh kita memiliki sistem imun. Sistem imun tersusun dari sel-sel dan jaringan yang membentuk imunitas, yaitu kekebalan tubuh terhadap infeksi atau penyakit. Organisme penyebab penyakit (patogen) dapat masuk ke dalam tubuh dan memasuki jaringan atau sel-sel dalam tubuh. Kita perlu menjaga sistem imun agar dapat mengetahui bagaimana cara mempertahankan imunitas atau mencegah suatu penyakit masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kita juga dapat mengetahui mengapa kita perlu mendapatkan imunisasi ketika masih balita. Di dunia kedokteran, sistem imun juga telah dikembangkan untuk membuat vaksin, transplantasi organ, dan terapi kanker.

Fungsi Sistem Imun
Sistem imun memiliki beberapa fungsi bagi tubuh, antara lain sebagai berikut:
  1. Penangkal benda asing yang masuk ke dalam tubuh.
  2. Penjaga keseimbangan fungsi tubuh terutama menjaga keseimbangan komponen tubuh yang telah tua.
  3. Pendeteksi adanya sel-sel abnormal, termutasi, atau ganas, serta menghancurkannya.


Sistem imun melibatkan banyak sekali komponen untuk menjalankan fungsinya dan tidak dapat bekerja sendiri-sendiri, melainkan harus terjalin dalam satu kesatuan. Pada prinsipnya, jika sistem imun seseorang bekerja secara optimal, orang tersebut tidak mudah terkena penyakit dan sistem keseimbangannya juga normal. Namun, sistem imun tidak dapat dibentuk dalam waktu singkat. Respon imun tubuh alamiah terhadap serangan patogen baru akan muncul dalam waktu 24 jam.

Pertahanan Tubuh Alami
Kebanyakan patogen yang ada di sekitar kita sulit masuk ke dalam tubuh akibat adanya mekanisme pertahanan tubuh secara alami. Jika patogen tidak mengalami penolakan oleh sistem imun tubuh, tentunya kita akan mudah sekali sakit. Terdapat empat mekanisme pertahanan tubuh terhadap patogen yang akan masuk ke dalam tubuh, yaitu sebagai berikut:
  1. Pertahanan Fisik
  2. Pertahanan Mekanik
  3. Pertahanan Kimia
  4. Pertahanan Biologis

Pertahanan Tubuh Oleh Sel Darah Putih
Sel darah putih berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap patogen. Terdapat lima jenis sel darah putih yang semuanya berasal dari pembelahan sel-sel stem yang terdapat di sumsum tulang. Sel darah putih tersebut adalah neutrofil, eosinofil, basofil, monosit, dan limfosit.



ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar