Sabtu, 28 April 2012

DUNIA TUMBUHAN

Di dunia ini terdapat keanekaragaman tumbuhan. Adanya keanekaragaman tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk mengelompokkan makhluk hidup yang berupa tumbuhan. Pengelompokkan tumbuhan dalam kelompok-kelompok pada dasarnya dilakukan atas adanya persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki.
Banyak sekali jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup di muka bumi ini. Ada yang hidup di wilayah daratan dan ada pula yang hidup di wilayah perairan. Macam-macam tumbuhan yang sering kita lihat umumnya terdiri atas bagian-bagian seperti akar, batang, dan daun.
Namun, bila kita amati, ternyata jenis tumbuh-tumbuhan tersebut tidak hanya memiliki akar, batang, dan daun. Coba Anda amati seperti jenis tumbuhan yang hidup di dinding, genteng, batu bata atau tanah lembab. Jika Anda lihat tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan yang belum dapat dibedakan atas akar, batang, dan daun.

Kenyataan itu membuktikan bahwa ternyata masih banyak sekali jenis tumbuhan yang belum banyak diketahui. Oleh sebab itu, pada bab ini Anda dapat mempelajari lebih jauh tentang dunia tumbuh-tumbuhan.
Macam-macam tumbuhan antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Alga/Ganggang (Tallophyta)
  2. Lumut (Bryophyta)
  3. Tumbuhan Paku (Pteridophyta)
  4. Tumbuhan Biji (Spermatophyta)


ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar