Rabu, 16 Mei 2012

CIRI-CIRI AKAR

Struktur akar berbeda dengan batang. Akar tidak memiliki buku-buku dan mata tunas sehingga tidak menghasilkan tunas, kecuali pada beberapa jenis tumbuhan, seperti talok (Muntingia colabora), sukun (Arthocarpus communis) dan pinus (Pinus mercusii). Tunas yang muncul pada tempat yang tidak semestinya itu disebut tunas liar (tunas adventif).
Pada akar, daerah ujung merupakan akar paling muda. Semakin jauh dari ujung, akarnya semakin tua. Ujung akar merupakan akar muda, sangat lunak, serta sel-selnya terus membelah dan bertumbuh. Bagaimanakah ujung akar muda mampu menembus tanah yang keras? Bagaimanakah sel-sel akar mampu melakukan fungsi penyerapan? Ternyata, ujung akar biasanya dilindungi oleh satu jaringan pelindung yang disebut tudung akar.
Beberapa milimeter dari ujung akar terdapat rambut akar yang merupakan perkembangan dari sel-sel epidermis yang memanjang ke arah luar sehingga memperluas bidang penyerapan. Jadi, fungsi akar sebagai alat penyerapan ditopang oleh adanya rambut akar pada daerah ujung akar.


ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar