Minggu, 15 Januari 2012

PENCEMARAN LINGKUNGAN

Pernahkan Anda mengalami tinggal di lingkungan yang bersih dan nyaman sehingga kita dapat menghirup udara segar, tidak ada suara bising kendaraan atau pabrik, tidak ada bau sampah yang menyengat, serta bebas dari polusi asap kendaraan maupun asap rokok? Kita semua tentu menginginkan hidup di lingkungan yang bersih dan nyaman. Akan tetapi, lingkungan yang kita dambakan itu makin sulit kita temukan. Aktivitas manusia telah mengubah lingkungan yang tadinya nyaman. Setiap hari kita berinteraksi dengan asap rokok, asap kendaraan, suara bising, dan limbah detergen. Lingkungan manusia sekarang telah berubah dengan masuknya zat-zat pencemar ke lingkungan hidup kita semua.

Pencemaran Lingkungan
Pencemaran atau polusi didefinisikan suatu gejala masuknya zat-zat atau komponen lain ke dalam lingkungan atau ekosistem alami sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu. Pencemaran juga menyangkut perubahan tatanan lingkungan dari segi fisik, kimiawi, dan biologis akibat kegiatan manusia ataupun proses alam.
Turunnya kualitas lingkungan tampak dari melemahnya fungsi atau menjauhi kurang dan tidak sesuai lagi dengan kegunaannya, berkurangnya pertumbuhan, serta menurunnya kemampuan reproduksi sehingga pada akhirnya ada kemungkinan terjadinya kematian pada organisme yang hidup dalam lingkungan tersebut.

Macam-Macam Pencemar
Segala sesuatu yang dapat menimbulkan pencemaran dinamakan pencemar atau polutan. Secara biologis, ada dua tipe pencemar, yaitu pencemar yang dapat terdegradasi (biodegradable) dan pencemar yang tidak dapat terdegradasi (nonbiodegradable).

Macam-Macam Pencemaran Lingkungan
Berbagai bahan pencemar telah memasuki lingkungan hidup manusia sehingga menyebabkan perubahan kualitas lingkungan. Pencemaran banyak terjadi dan terlibat pada air, laut, tanah, atau lahan, dan udara. Adapun tingkat kebisingan yang mengganggu disebut pencemaran suara. Jenis pencemaran lingkungan adalah:
  1. Pencemaran Air
  2. Pencemaran Udara
  3. Pencemaran Tanah



ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar