Kamis, 16 Februari 2012

EKOSISTEM

Setiap makhluk hidup memperoleh kebutuhannya untuk hidup, tumbuh dan berkembang biak dari lingkungannya. Lingkungan merupakan sumber energi, sumber materi, dan tempat untuk membuang kotoran-kotoran yang tidak lagi diperlukan oleh makhluk hidup. Kehidupan suatu makhluk hidup sangat tergantung pada lingkungannya sehingga ia harus mampu beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungannya. Tubuh, tingkah laku, dan watak makhluk hidup juga dapat mengalami perubahan karena adanya pengaruh dari lingkungan.
Lingkungan tempat tinggal makhluk hidup juga dapat dipengaruhi oleh makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Lingkungan makhluk hidup dapat berubah karena adanya hasil buangan yang berupa kotoran, cairan, gas, dan bangkai dari makhluk hidup. Semua itu menyebabkan perubahan komposisi kimia dan fisik lingkungan yang dapat bersifat merusak atau membangun suatu lingkungan. Hubungan interaksi (timbal balik) antara makhluk hidup dan lingkungannya dipelajari dalam suatu cabang biologi yang dinamakan ekologi.

Istilah ekologi diambil dari bahasa Yunani, oikos = rumah atau tempat tinggal dan logos = ilmu. Istilah dan definisi ekologi sudah digunakan sejak tahun 1869 oleh seorang ahli biologi Jerman yang bernama Ernest Haeckel (1834-1919). Dalam ekologi dipelajari bagaimana makhluk hidup mempertahankan kehidupannya dengan mengadakan hubungan antarmakhluk hidup serta antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup di dalam tempat hidup atau lingkungannya. Saat ini ekologi merupakan salah satu komponen biologi yang paling penting.
Ekologi masa kini menjadi sangat luas cakupannya, tetapi dapat dibagi menjadi dua, yaitu autekologi dan sinekologi. Autekologi merupakan cabang ilmu ekologi yang mempelajari suatu jenis (spesies) makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya. Adapun sinekologi adalah cabang ekologi yang mengkaji berbagai kelompok organisme atau makhluk hidup sebagai satu kesatuan yang saling berinteraksi dalam suatu daerah tertentu. Interaksi antarmakhluk hidup serta antara makhluk hidup dan lingkungan terjadi dalam suatu ekosistem. Apa yang dimaksud dengan ekosistem? Apa saja komponen penyusunnya? Ada berapa macam tipe ekosistem? Jawabannya ada dalam pembahasan berikutnya.


ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar