Jumat, 25 Mei 2012

DUNIA HEWAN (ANIMALIA)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat dengan mudah menemukan organisme yang termasuk anggota kingdom Animalia atau dalam bahasa umumnya kita sebut hewan. Namun, tahukah Kamu bagaimana ciri-ciri organisme yang termasuk kelompok hewan? Bagaimana Kamu menjelaskan bahwa seekor monyet termasuk kelompok hewan, bukan kelompok tumbuhan? Ada berapa banyak kelompok hewan di muka bumi ini? Apa pula peranan hewan bagi kehidupan manusia? Yuk...mari kita ikuti pembahasan berikut ini.


CIRI UMUM HEWAN
Hewan adalah organisme multiseluler eukariota. Dengan demikian, Protozoa tidak dapat disebut hewan karena hanya tersusun atas satu sel. Pada sebagian besar hewan, sel-sel tubuhnya menunjukkan tingkat diferensiasi jaringan yang tinggi dan membentuk organ-organ tubuh yang terspesialisasi untuk menjalankan fungsi tertentu.
Berbeda dengan sel-sel tumbuhan, sel-sel hewan tidak memiliki dinding sel dan pigmen-pigmen fotosintetik, misalnya klorofil, sehingga tidak ada hewan yang dapat melakukan fotosintesis untuk membentuk makanannya. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, hewan mendapatkan makanan dari organisme lain, yaitu tumbuhan dan hewan lain. Dengan demikian, hewan termasuk organisme heterotrof. Umumnya hewan menelan makanan dan mencernanya di dalam alat-alat pencernaan yang ada di dalam tubuhnya.
Hewan pada umumnya memiliki kemampuan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Meskipun terkadang hal itu hanya terjadi pada salah satu tahap dalam sikluk hidupnya. Sebagai contoh, beberapa jenis hewan air, pada stadium larva hidup berenang secara bebas, tetapi setelah dewasa hidup melekat pada substrat.
Hampir semua hewan memiliki sistem saraf dan indera untuk mengkoordinasikan gerak tubuh dan menanggapi rangsangan dari luar secara cepat. Pada umumnya hewan melakukan reproduksi secara seksual dengan cara membentuk gamet jantan haploid (sperma) dan gamet betina haploid (ovum). Setelah fertilisasi, zigot yang terbentuk membelah berulang kali membentuk bola sel-sel baru yang disebut blastula. Selain secara seksual, beberapa jenis hewan juga melakukan reproduksi secara aseksual, misalnya membentuk tunas ataupun fragmentasi.


ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar